Sunday, April 8, 2012

Autisme Ditangani ^^


AUTISME  DITANGANI  BUKAN DITAKUTI

Autisme adalah suatu keadaan dimana seseorang sejak lahir ataupun pada saat dibawah umur 5 tahun, yang mengalami ganguan hubungan sosial dan komunikasi dengan normal. Sehingga anak tersebut terisolasi dari manusia lain dan masuk dalam dunia repetitive, aktivitas dan minat yang obsesif. (Baron-Cohen, 1993) atau biasa di kita ketahui mereka seperti punya dunia sendiri. Tidak hanya kondisi sejak lahir Autisme juga bisa di sebabkan oleh faktor sikologis perceraian orang tua atau lebih dikenal dengan broken home.
Karakterististik Anak Autisme
Menurut Power (1989) karakteristik anak dengan autisme Gejala ini mulai tampak sejak lahir atau saat masih kecil( biasanya sebelum anak berusia 3 tahun ) adalah adanya 6 gangguan dalam bidang:
# interaksi sosial
Kebanyakan anak penderita autis lebih banyak berinteraksi sendiri dari pada memikirkan orang sekitar. Sehingga kebanyakan anak penderita ini hampir sebagian besar tidak suka menatap lawan bicaranya dan tak mau mendengarkan.
#komunikasi
Dalam hal komunikasi kebanyakan anak autis mengalami keterlambatan dalam berbicara,sehingga mereka sebagian berkomunikasi dengan menggunakan bahasa tubuh.
Kebanyakan anak penderita autisme ,lebih sering marah ketika di gangu tapi beberapa ada yang perilaku emosi nya sangat pendiam sehingga susah untuk berinterkasi dan di mengerti orang sekitarnya.
Anak anak autisme memiliki pola bermain yang mudah terdeteksi. Antara lain anak ini suka menyendiri, tidak suka bergabung,dan anak ini kebanyakan tidak spotnaitas.
#gangguan sensorik dan motorik
Sensitif terhadap cahaya, pendengaran, sentuhan, penciuman dan rasa (lidah) dari mulai ringan sampai berat
#perkembangan terlambat atau tidak normal.
Sebagian besar anak autis mengalami pertumbuhan fisik yang lambat namun banyak yang bilang walaupun seperti itu anak autis memiliki perkembangan otak yang cepat tak jarang anak autis banyk memiliki IQ yang tinggi .

Menangani Autis
Mendeteksi Autisme sejak dini dan peran Lingkungan terutama Orang tua Sangat penting dalam penanganan Autisme ^^

Cara menangani autisme memang tak cukup mudah namun hampir sebagian besar autiisme dapat ditekan laju pergerakanya . Salah satu contoh adalah terapi medis dengan cara rutin mengunjungi dokter ahli yang berhubungan dengan tumbuh kembang anak. Namun tidak hanya itu Autisme juga dapat ditangani dengan cara Orang tua khusus nya seorang ibu mengawasi tumbuh kembangnya langsung,selalu mengajarkan dan mendidik hingga tidak bosan.Mengubah keadaan Lingkungan serta tidak selalu menuruti apa yang dia inginkan juga merupakan tips yang dapat membantu mengurangi Autisme .


Keyword

No comments:

Post a Comment