TIPS TIPS SUKSES BERWAWANCARA
Wah teman teman kali ini ada kabar menarik buat semuanya ^^. Tentunya
kali ini saya akan membagikan tips tips dalam berwawancara. Sebagai mahasiswi
tingkat akhir tentunya peluang bekerja sudah di depan mata, namun banyak
peluang belum tentu kita berhasil mendapatkan peluang tersebut ya kan ? hhe .
Saya akan berbagi pengalaman saya selama bekerja di beberapa perusahaan
outsourshing .
Hal “
tubuh yang tidak perlu di lakukan dalam wawancara ^^
Profesor Mehrabian, ahli psikologi dari
Universitas UCLA, Amerika, bahasa tubuh sangat menentukan penilaian terhadap
diri Anda ketimbang kata-kata yang terucap. Menurut penelitiannya, gerak tubuh
dan ekspresi wajah memiliki pengaruh 55 persen sementara kata-kata yang
diucapkan hanya 7 persen. Serta butuh
waktu 30 detik hingga 4 menit untuk menentukan agar terhindar dari pandangan
pandangan negatif.
*Senyum palsu
*Senyum palsu
Senyum palsu dianggap teman teman pandai
berpura pura. Namun kalo terlalu banyak senyum tentunya anda juga bisa di
anggap orang tidak waras hehe ^^. Jadi senyumlah secukupnya sesuai
dengan kondisi yang ada dan tidak dibuat buat.
*Gerakan dan posisi tangan
*Gerakan dan posisi tangan
Gerakan tangan merupakan salah satu bahasa tubuh
yang paling mudah di pahami. Salah satu contoh Menepuk-nepukkan tangan atau
terus menggerakkan tangan menandakan Anda sangat
gelisah. Gerakan ini secara tidak langsung juga bisa membuat orang yang mewawancarai
Anda menjadi tidak nyaman dan terganggu.
Hindari juga mengetuk-ketukan tangan ke meja saat
proses wawancara. Melakukan hal ini secara tidak langsung Anda mengirimkan
sinyal kalau Anda bosan atau merasa
lebih tahu dari si pewawancara.
Sebaiknya letakkan tangan Anda secara santai dan
terbuka di posisi yang paling membuat Anda santai. Hindari terlalu banyak
menggunakan gerakan tangan atau jari untuk menghindari kesan yang salah.
*Jabatan
tangan
Saat memulai dan mengakhiri wawancara jangan lupa
jabat tangan si pewawancara dan ucapkan terimakasih. Jabat tangan dengan erat
namun wajar. Jangan biarkan tangan terlalu lemas atau mencengkeram terlalu
keras. Jika telapak tangan Anda berkeringat, seka dahulu keringat di tangan
Anda sebelum masuk ke ruang wawancara.
*Menyentuh wajah
Menyentuh wajah sebaiknya dihindari saat
wawancara kerja. Gerakan ini dapat menyiratkan Anda gugup atau tidak jujur
terhadap pernyataan Anda.
*Posisi
kaki
Duduklah dengan kedua kaki menyentuh lantai yang
menggambarkan Anda nyaman dan percaya diri. Saat gugup atau cemas Anda sering
tak membuat gerak tubuh secara tidak sadar. Salah satu yang paling sering
ditemui adalah menggerak-gerakan kaki tanpa henti. Gerakan kaki ini menandakan
Anda sangat tidak nyaman bahkan tak sabar ingin keluar dari ruangan.
*Kontak
mata & posisi duduk
Kontak mata dengan si pewawancara memang baik.
Tapi terus-menerus menatap si
pewawancara tanpa henti juga bisa membuat dia tidak nyaman. Ahli gerak
tubuh Janine Driver mengatakan, 60 persen kontak mata sudah cukup membuat Anda
terlihat antusias. Selain mata, fokuskan tatapan pada segitiga bagian atas wajah yaitu area sekitar alis kanan-kiri dan
pertengahan hidung.
Jangan terlalu sering menatap bagian bawah wajah
terutama bagian mulut dan dahi yang bisa membuat si pewawancara menjadi tidak
nyaman. Jika pewawancara Anda lebih dari satu, tatap mereka secara bergantian. Hindari tatapan kosong yang membuat
lawan bicara Anda kurang nyaman.
*Kemampuan berkomunikasi dengan baik ^^
Kemampuan komunikasi merupakan hal terpenting dalam
bewawancara.Ketika kita bisa mengajak pe-wawancara bersenda gurau menjadi
sangat menyenangkan komunikasinya. Bahkan hal hal dalam wawancara suka
terlewatkan bila asik bersendagurau.
*CV Asli Tampa Rekayasa
Usahakan anda dalam membuat
curiculum vitae terutama experience work (pengalaman kerja) benar benar sesuai
dan tidak ada kebohongan. Kejujuran adalah faktor utama anda bisa lulus dalam
wawancara. Karena ketika kebohongan kita taruh ke dalam cv kita, tak asing lagi
kita akan ragu dalam menjawab beberapa pertanyaan dari sang pewwawancara ^^
Nah cukup
segini ya tips tips naa ^^ yang terpenting selalu semangat dalam bekerja,jujur
dan tidak minder ok ?? .
No comments:
Post a Comment