Wednesday, May 9, 2012

TIPS TIPS SUKSES BERWAWANCARA


TIPS TIPS SUKSES BERWAWANCARA

Wah teman teman kali ini ada kabar menarik buat semuanya ^^. Tentunya kali ini saya akan membagikan tips tips dalam berwawancara. Sebagai mahasiswi tingkat akhir tentunya peluang bekerja sudah di depan mata, namun banyak peluang belum tentu kita berhasil mendapatkan peluang tersebut ya kan ? hhe .
Saya akan berbagi pengalaman saya selama bekerja di beberapa perusahaan outsourshing .
 Hal “ tubuh yang tidak perlu di lakukan dalam wawancara  ^^
Profesor Mehrabian, ahli psikologi dari Universitas UCLA, Amerika, bahasa tubuh sangat menentukan penilaian terhadap diri Anda ketimbang kata-kata yang terucap. Menurut penelitiannya, gerak tubuh dan ekspresi wajah memiliki pengaruh 55 persen sementara kata-kata yang diucapkan hanya 7 persen. Serta butuh waktu 30 detik hingga 4 menit untuk menentukan agar terhindar dari pandangan pandangan negatif.

*Senyum palsu
Senyum palsu dianggap teman teman pandai berpura pura. Namun kalo terlalu banyak senyum tentunya anda juga bisa di anggap orang tidak waras hehe ^^. Jadi senyumlah secukupnya sesuai dengan kondisi yang ada dan tidak dibuat buat.

*Gerakan dan posisi tangan
Gerakan tangan merupakan salah satu bahasa tubuh yang paling mudah di pahami. Salah satu contoh Menepuk-nepukkan tangan atau terus menggerakkan tangan menandakan Anda sangat gelisah. Gerakan ini secara tidak langsung juga bisa membuat orang yang mewawancarai Anda menjadi tidak nyaman dan terganggu.
Hindari juga mengetuk-ketukan tangan ke meja saat proses wawancara. Melakukan hal ini secara tidak langsung Anda mengirimkan sinyal kalau Anda bosan atau merasa lebih tahu dari si pewawancara. 
Sebaiknya letakkan tangan Anda secara santai dan terbuka di posisi yang paling membuat Anda santai. Hindari terlalu banyak menggunakan gerakan tangan atau jari untuk menghindari kesan yang salah. 
*Jabatan tangan
Saat memulai dan mengakhiri wawancara jangan lupa jabat tangan si pewawancara dan ucapkan terimakasih. Jabat tangan dengan erat namun wajar. Jangan biarkan tangan terlalu lemas atau mencengkeram terlalu keras. Jika telapak tangan Anda berkeringat, seka dahulu keringat di tangan Anda sebelum masuk ke ruang wawancara. 
*Menyentuh wajah
Menyentuh wajah sebaiknya dihindari saat wawancara kerja. Gerakan ini dapat menyiratkan Anda gugup atau tidak jujur terhadap pernyataan Anda. 
*Posisi kaki
Duduklah dengan kedua kaki menyentuh lantai yang menggambarkan Anda nyaman dan percaya diri. Saat gugup atau cemas Anda sering tak membuat gerak tubuh secara tidak sadar. Salah satu yang paling sering ditemui adalah menggerak-gerakan kaki tanpa henti. Gerakan kaki ini menandakan Anda sangat tidak nyaman bahkan tak sabar ingin keluar dari ruangan. 
*Kontak mata & posisi duduk 
Kontak mata dengan si pewawancara memang baik. Tapi terus-menerus menatap si pewawancara tanpa henti juga bisa membuat dia tidak nyaman. Ahli gerak tubuh Janine Driver mengatakan, 60 persen kontak mata sudah cukup membuat Anda terlihat antusias. Selain mata, fokuskan tatapan pada segitiga bagian atas wajah yaitu area sekitar alis kanan-kiri dan pertengahan hidung. 
Jangan terlalu sering menatap bagian bawah wajah terutama bagian mulut dan dahi yang bisa membuat si pewawancara menjadi tidak nyaman. Jika pewawancara Anda lebih dari satu, tatap mereka secara bergantian. Hindari tatapan kosong yang membuat lawan bicara Anda kurang nyaman.
*Kemampuan berkomunikasi dengan baik ^^
       Kemampuan komunikasi merupakan hal terpenting dalam bewawancara.Ketika kita bisa mengajak pe-wawancara bersenda gurau menjadi sangat menyenangkan komunikasinya. Bahkan hal hal dalam wawancara suka terlewatkan bila asik bersendagurau.
*CV Asli Tampa Rekayasa
            Usahakan anda dalam membuat curiculum vitae terutama experience work (pengalaman kerja) benar benar sesuai dan tidak ada kebohongan. Kejujuran adalah faktor utama anda bisa lulus dalam wawancara. Karena ketika kebohongan kita taruh ke dalam cv kita, tak asing lagi kita akan ragu dalam menjawab beberapa pertanyaan dari sang pewwawancara ^^

Nah cukup segini ya tips tips naa ^^ yang terpenting selalu semangat dalam bekerja,jujur dan tidak minder ok ?? .

No comments:

Post a Comment